Ada Berapa Tahapan Dalam Proses Penerapan Teknologi Komunikasi
gambar:cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Ada Berapa Tahapan Dalam Proses Penerapan Teknologi Komunikasi

Halo guys kali ini kita akan mengenai penerapan teknologi komunikasi.Ada yang tau ada berapa tahapan dalam proses penerapan teknologi komunikasi
? simak selengkapnya ya gusy uraian di bawah ini.

Penerapan teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauh mana teknologi comunikasi mampu membuka akses ke berbagai layanan dan jaringan informasi.Telekomunikasi berasal dari kata Tele = remote dan communication = koneksi. Jadi telekomunikasi berarti koneksi jarak jauh. atau bisa dikatakan sebagai percakapan tanpa tatap muka secara langsung.

Ada berapa tahapan dalam proses penerapan teknologi komunikasi,Simak ya guys

I. PROSES PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Ada Berapa Tahapan Dalam Proses Penerapan Teknologi Komunikasi
gambar:cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Proses implementasi (aplikasi) teknologi komunikasi mengacu pada model inovasi yang terdapat dalam The New Media in Society, “Communication Technology” yang dibawakan oleh Everett M. Rogers.

Ada 2 tahapan dalam implementasi suatu teknologi komunikasi, yaitu: A. Tahap awal adalah mengumpulkan informasi tentang teknologi komunikasi, memahaminya secara menyeluruh dan merencanakan adopsinya.

Ada dua level, yaitu: 1. Level agenda setting, yaitu munculnya ide-ide adopsi tehknologi komunikasi untuk memecahkan masalah informasi yang muncul.2. Tingkat kompatibilitas, yaitu kompatibilitas dan adopsi teknologi komunikasi yang diperlukan Jika nilai kedua tingkat inisiatif positif, ada keinginan untuk mengadopsi tehknologi comunikasi yang diinginkan.

B. Tahapan Implementasi, setiap kegiatan yang dilakukan untuk menggunakan tehknologi comunikasi yang diinginkan

Ada tiga tingkatan, yaitu: 1. Tingkat redefinisi, organisasi, perakitan dan modifikasi organisasi (pada institusi) atau struktur mental dan kebiasaan (pada individu) untuk tujuan teknologi comunikasi yang diinginkan. Tingkat klarifikasi, meyakinkan semua anggota (ke lembaga) atau diri mereka sendiri (individu) tentang sejarah tehknologi comunikasi sehingga bukan lagi sesuatu yang asing. Pada tataran rutin, teknologi comunikasi dapat diidentifikasi secara jelas dan dapat menjadi bagian dari infrastruktur organisasi (fondasi/tata letak) (bagi institusi) atau sebagai pelengkap kehidupan individu.

II. UNTUK PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI.

Suatu organisasi/lembaga yang menggunakan tehknologi komunikasi mempertimbangkan penggunaan tehknologi komunikasi sebagai berikut:

1. Ada Berapa Tahapan Dalam Proses Penerapan Teknologi Komunikasi ? yaitu ada 2 Sistem manajemen, usaha/usaha untuk mengoptimalkan hasil dari suatu sistem organisasi, suatu perubahan yang dapat dianggap sebagai proses top-down2. Proses birokrasi merupakan upaya untuk mengubah kebijakan suatu institusi berdasarkan persepsi (opini) dari manajemen puncak. Perubahan ditentukan oleh pengambil keputusan dan pengambil keputusan. Proses tawar menawar merupakan hasil dari proses tawar menawar yang pada akhirnya menghasilkan solusi kompromi

Perspektif penerapan teknologi komunikasi adalah sebagai berikut:

Technocentric, yang menghasilkan perubahan dan merupakan faktor dominan yang berfokus pada kapasitas dan ketersediaan teknologi, dan sociocentric dengan berfokus pada situasi sosial di lembaga/organisasi. contoh: isu sosial dan perubahan sosial Konflik, terfokus pada pengambilan keputusan. misalnya: resolusi konflik membutuhkan solusi politik Desain sistem yang berfokus pada teknologi, masyarakat, budaya dan politik, yang disebut “siklus hidup sistem”.

AKUPELAKU TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Secara garis sumber, dalam penyediaan dan penerimaan informasi, berbagai pihak terlibat yang saling merujuk, yaitu: 1. Pengguna2. Perusahaan jasa telekomunikasi3. Produsen peralatan komunikasi4. Badan yang mengatur / mengkoordinasikan semua kegiatan komunikasi dari sudut pandang ekonomi dan teknis dalam definisi peraturan, standar, harga referensi dan banyak lagi.

catatan: Pengguna: meminta penyebaran dan penyampaian informasi yang membutuhkannya. Semakin lama jenis dan volumenya semakin bertambah.

Perusahaan Jasa Telekomunikasi: Penyedia layanan telekomunikasi dengan kualitas dan harga yang dapat diterima yang bertanggung jawab untuk pengiriman yang efisien, cepat dan relatif murah Contoh: Kios Telekomunikasi (Wartel)

Produsen Perangkat Komunikasi: Perusahaan yang memproduksi perangkat komunikasi berkualitas baik, memenuhi kebutuhan yang berkembang dan beragam.

Badan pengatur: mereka mengeluarkan standar dan persyaratan yang standar implementasinya didasarkan pada pengalaman, tingkat teknologi yang ada dan perkiraan kemajuan teknologi yang dibuat oleh industri, sehingga kebutuhan dapat dipenuhi dengan biaya rendah.

ARCO. UNSUR TEKNOLOGI KOMUNIKASI

setelah tahu jawaban atasapertanyaan Ada Berapa Tahapan Dalam Proses Penerapan Teknologi Komunikasi sekarang kita lanjut ke Unsur-unsur teknologi komunikasi adalah sebagai berikut: Informasi dapat berupa tulisan, suara, musik, gambar, data, yang memiliki spektrum frekuensi dan berbagai bentuk Perangkat yang digunakan untuk mengirimkan informasi Melalui sistem transmisi dan modulasi.

Catatan:

Telekomunikasi melalui pembawa (transmisi) Misalnya: kabel koaksial Jenis kabel utama adalah tembaga, dikelilingi oleh tembaga jalinan halus lainnya dan dengan insulasi di antara kedua sisinya

Dengan tepat, bentuk akhir (informasi yang diterima) harus sedekat mungkin dengan bentuk awal (informasi yang dikirim) dan harus dalam bias yang dapat ditoleransi.

Dalam jumlah dan kecepatan yang semakin meningkat, ini berarti bandwidth yang dibutuhkan semakin meningkat dengan sistem modulasi yang baik dan teknologi yang canggih.

Semakin jauh jarak Lokal = 10 km Antar-lokal = 250 km Internasional = 2500 km Antarbenua = 25.000 km

Dengan biaya semurah mungkin. Masalah biaya sangat mempengaruhi kegunaan sistem,

sehingga Anda perlu mencari titik optimal antara metode dan peralatan yang paling sederhana dan termurah, tetapi Anda dapat memaksimalkan transfer informasi dengan cara yang baik dan sederhana (ini adalah 4 poin untuk pengguna telekomunikasi)

V. KINERJA SISTEM KOMUNIKASI

Faktor-faktor yang menentukan penampilan (kinerja) sistem komunikasi: 1. Berita (informasi) harus dipahami oleh penerima, yaitu berita dan informasi yang akan disampaikan harus jelas dan dapat dipahami oleh penerima.

2. Karakteristik sistem komunikasi (menurut bentuk informasi yang akan dikirimkan) Keterbatasan karakteristik sumber (transmitter), media transmisi dan penerima

3. Interferensi saat transmisi informasi Interferensi (noise) dapat terjadi selama proses transmisi. Karena noise, informasi yang diterima dari sumber (pengirim) mungkin tidak benar, sehingga penerima tidak dapat memahaminya

ANDA. METODE PENGIRIMAN INFORMASI

Transmisi informasi dapat dibagi menjadi:

1. Komunikasi point-to-point Informasi dari suatu sumber hanya mencapai satu penerima Telekomunikasi jenis ini adalah sistem telepon, yaitu komunikasi suara, yang meskipun jauh, diterjemahkan menjadi koneksi dari satu tempat ke tempat lain hampir pada waktu yang sama. sangat jauh.

Catatan: keuntungan point-to-point

a) Dua arah, sehingga informasi dapat dikirim dan diterima secara bersamaan b) Jaringan telepon adalah jaringan terbesar, komunikasi dapat melalui negara dan waktu c) Lebih nyaman dan memiliki banyak keuntungan.

2. Komunikasi dari satu titik ke segala arah (broadcasting) Informasi dapat diminta oleh siapa saja yang membutuhkan. Informasi dari sumber diteruskan ke semua penerima.

Nah itulah mengenai Ada Berapa Tahapan Dalam Proses Penerapan Teknologi Komunikasi seperti yang sudah saya jabarkan di atas,terimaksih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.